Wednesday, August 08, 2007

Mabuhay.. to Malolos City

Alhamdullillah gw disini baik2 aja. Gak..gak.. kecewa kok datang kesini. Terutama setelah menyelami lebih jauh mengenai negeri Pilipinas, City of Malolos, dan BSU (kampusku tempat bernaung). juga karena persahabatan kita dengan 10 temen indonesia lain di BSU. Tak kalah juga dengan pertemanan kita sesama kontingen merah putih, menjadi duta bangsa dalam pendidikan.

Gile..cuy, disini kita kayak tamu negara (saat dateng..), trus staff embassy tu bener2 baek bgt. Banyak hal-hal baru yang asyik disini. Seperticultural shock yang kita dapet. Waktu pertama datang ke manila, kita ngeliat pinggiran kota yang hampir sama dengan pinggiran jakarta (cukup kumuh, bahkan mungkin lebih) trus sewaktu kita nginep di hotel tepat ditengah jantung kota, gile kontras banget. Di kotanya rapih baget. Enak-lah poko'e, serasa bener2 jalan-jalan ke kota metropolitan.. Itu lo, kebersihan, ketertiban, trus fasilitas kota yang cukup mumpuni.

Nah, tapi tiba2 jantung ini ingin berhenti ketika kita menginjakkan di City of Malolos, Capitol of Bulacan Province. Padahal, sebenarnya gak jauh-jauh amat sih, paling cuma 1.5 perjalanan dari Manila ke arah utara. Tapi, gak seindah kota Manila... (ternyata ndeso..!! ha3x). Nah, mencoba menghibur hati awalnya.. "mungkin ini baru kabupatennya, pasti kotanya juga bagus.." (gw membayangkan) . Tapi seketika itu, mobil van gw berhenti di main gate BSU.. "ha.... ini to yang namanya BSU, parah bet..".

Tapi Alhamdulillah, kita disini cepet beradaptasi. Pembimbing kita disini (Mr. Rhino L Rivera) juga baek banget, nganterin jalan2 orientasi kampus dan kota. Secara umum, kayaknya sama aja sih kayak di indonesia. Tapi mungkin yang beda culture orang2nya.. Gile cuy.. disini hampir semua bisa bahasa inggris, mulai dari satpam ampe pedagang pasar. Yang paling heran..ckckck.. temen gw ternyata baru 3 hari dah dapet gebetan cewe filipin (skillfull.. ..!!).

Nah, yang asyik lagi waktu perjalanan kita menghadiri perhelatan manusia2 indonesia yang bertarung antar kota merayakan agustusan di GOR Macati City. Kita berlima, ama seorang guide berangkat naik Jeepney, sambung dengan van, trus dilanjut dengan Metro Rail Train (MRT). Ternyata orang indonesia banyak banget disini!!, juga sangat bersahabat. Setelah itu kita diajak jalan2 ama staff embassy (Mas Ageng). Astaghfirullah, malam itu kita diajak jalan2 melihat Manila Undercover.. . Tapi tenang! kita cuma ngelewat doang kok, yah liat2 siki lah kota Manila waktu malem (kalo dia sih nyebutnya sin city.. serem). Nah tujuan sebenarnya adalah wisata kuliner ke restoran muslim mindanao. Enak bgt nasi gorengnya, serasa di indonesia.. Maklumlah, gw kesulitan makan disini, lidah gak cocok dengan masakan filipin.. capedeh.

Hal lain, yang membuat diriku cukup betah disini, ternyata bayangan buruk gw ttg BSU sirna seketika (gw kasih tau nih... kampus ITB kita tercinta jauh..jauh.. jauh.. lebih keren dari kampus disini). Bayangan itu digantikan, ketika kita perwalian dan dikenalkan dengan pengajar serta teman filipin kita nanti selama 1 bulan kedepan. Bayangan itu digantikan dengan rapih dan bagusnya alat bantu pendidikan disini. Kayaknya mereka memang gak terlalu care ama penampilan luar, tapi yang namanya fasilitas pendukung dan kualitas pendidikan, gak kalah boy.

Utk Bang Rudi: Santai Bang.. gw malu nih moto2 ce disini. Tapi tenang temen gw dari makassar cukup bermuka tebal utk bisa merekam keadaan disini. Dia punya radar yang cukup kuat, utk seketika dapat menyalakkan blitz kameranya ketika ada maganda babae (beatiful lady) datang. Bukan magandang gabi rud, itu mah selamat malam artinya. pokoe santai..

Utk kicrul: Nuhun keur perwalianna OK. "Sampai di bandung, akan kukalahkan kau di meja pingpong!!". Parah pisan didieu barudakna teu barisaeun pingpong.. Capedeh.

Oke sekian reportasenya. Nanti gw ceritain lagi tentang pengalaman ketemu ama masjid and Imamnya yang bawa M16.

OK!!Salamat Po! Magandang Gabi!

No comments: